WhatsApp Menawarkan Avatar Facebook Untuk Panggilan Video

Avatar adalah representasi seseorang di dunia maya. Untuk membangun metaverse, Meta menyediakan avatar untuk penggunanya melalui produk Facebook dan Instagram.

Sekarang, aplikasi obrolan meta WhatsApp tampaknya tertarik untuk “meminjam” avatar Facebook untuk mendukung pengalaman panggilan video.

Dikutip dari Android Police (22 Juli 2022), avatar ini memungkinkan pengguna untuk mengganti wajahnya dengan avatar virtual. Jelas, WhatsApp akan mengadopsi avatar yang mirip dengan Bitmoji Facebook.

Berdasarkan laporan dari WABetaInfo yang menyertakan versi beta terbaru WhatsApp beta versi 2.22.16.11, aplikasi perpesanan memperkenalkan label Avatar. Dari sana, pengguna dapat melihat jenis avatar yang dapat digunakan pengguna.

Avatar terlihat seperti versi avatar 3D yang tersedia di Facebook. Selain memakai avatar sebagai topeng saat melakukan panggilan video seperti Zoom, WhatsApp juga bisa membuat stiker dari avatar pengguna, mirip dengan Bitmoji.

Fitur ikonik ini telah dikenal setidaknya selama sebulan. Namun, informasi detail tentang avatar ini masih sangat langka dan tidak jelas.

Kini, berkat screenshot yang ditampilkan oleh WABetaInfo, pengguna bisa melihat seperti apa avatar yang bisa mereka gunakan untuk mengganti wajah mereka saat melakukan panggilan video. Avatar ini hanyalah avatar Facebook.

Pengguna juga dapat menyesuaikan warna kulit, pakaian, warna rambut, gaya rambut, postur, dan ekspresi wajah. Namun, variasi penampilan mungkin terbatas pada awalnya.

Fitur baru WhatsApp dalam bentuk avatar ini tampaknya masih dalam tahap awal pengembangan. Perusahaan belum secara resmi membahas rencana untuk memiliki avatar di platform.

Selain avatar yang tersedia di WhatsApp, pengguna WhatsApp sebelumnya telah dapat mentransfer riwayat obrolan dari Android ke iPhone dan sebaliknya.

Informasi ini dirilis secara real time oleh WhatsApp melalui akun Twitter-nya. Mereka menulis “cara baru untuk melestarikan percakapan penting. Hari ini Anda dapat mentransfer seluruh riwayat obrolan Anda dari Android ke iOS dan sebaliknya.”

Baca Juga  Berikut Cara Shazam Di Instagram Stories

Dengan fitur ini, pengguna Android atau iOS yang ingin beralih platform dapat dengan mudah memulihkan percakapan di perangkat mereka tanpa takut kehilangannya.

WhatsApp menjelaskan sebagai “informasi akun, gambar profil, obrolan pribadi dan grup, riwayat obrolan, pengaturan media dan aplikasi disertakan saat ditransfer ke perangkat baru”.

Baca juga:

Namun, perusahaan mengatakan pengguna tidak dapat mengirim log panggilan dan nama tampilan pengguna.

Untuk memanfaatkan fitur WhatsApp baru ini, pengguna harus memenuhi persyaratan berikut:

1. Android Lollipop, SDK 12 atau lebih tinggi, Android 5 atau lebih tinggi diinstal pada perangkat, iOS 15.5 atau lebih tinggi (iPhone), Buka aplikasi iOS yang diinstal pada ponsel Android.

2. WhatsApp iOS versi 2.22.10.70 atau lebih baru di perangkat Anda

3. WhatsApp Android versi 2.22.7.74 atau lebih tinggi pada perangkat asli

4. Gunakan nomor ponsel yang sama di perangkat lama dan ponsel baru Anda

5. Buka aplikasi iOS, Anda perlu mengatur ulang iPhone Anda untuk dapat terhubung ke transfer data dari ponsel Android Anda.

6. Baterai diisi atau dihubungkan ke sumber listrik. 7. Hubungkan ke jaringan WiFi yang sama atau hubungkan perangkat Android Anda ke hotspot iPhone Anda.

Untuk menggunakan penyimpanan cloud selama proses transfer data WhatsApp, Anda perlu membuat cadangan iCloud.

Perusahaan telah menjelaskan bahwa data yang dikirim oleh pengguna tidak dapat dilihat dan bahwa ponsel Android masih berisi data kecuali jika pengguna menghapus WhatsApp atau mengatur ulang ponsel.

(komentar/Ysl)