Sandy Ono Dorong Potensi Esports Nasional, Pimpin Grand Opening Piala Presiden Esports 2022

Acara utama atau grand final Esports Presidents Cup 2022 resmi dimulai pada Jumat (11/11). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaja Ono, membuka tur acara utama yang diadakan di Astura Senayan, Jakarta Pusat.

Ia didampingi oleh Minbarikraf Sandiaga Ono Ranga Danu Prasetyo selaku Senior Organizer Presidential Esports Cup 2022 dan Ricky Setiawan selaku Senior Player, Achievement and IT Department PB Esports Indonesia (PBESI).

Hadir pula developer game regional atau perwakilan developer game peserta Esports President’s Cup 2022. Andrew Alexander Halim, CEO Battle of Guardians; Prayuja Erlanga dari GM Games, penerbit PT Melon Indonesia; Evan Chin, CEO Anantarupa Studios, CEO Lokapala; dan Haria Dinata, Kepala Bisnis, Pengembangan, dan Kemitraan di Satria Dewa.

Menurut Sandiaga Uno, Indonesia memiliki potensi besar di industri game dan esports. Dia mengatakan bahwa pendapatan dari industri game telah mencapai jumlah yang sangat besar dan mengalami peningkatan yang cukup pesat. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Esports Presidents Cup 2022 yang menyediakan tiga pertandingan domestik untuk turnamen tersebut.

Industri game dan esports memiliki potensi besar. Dalam perekonomian pada tahun 2021, subsektor aplikasi dan game diperkirakan tumbuh sebesar 9,17% menjadi Rs 31,25 triliun. Pada tahun yang sama, penjualan industri game Indonesia mencapai $2,1 miliar (Rp 30 triliun). Indonesia juga menempati urutan pertama dalam pasar online untuk mobile gamer di Asia Tenggara. Terima kasih telah menyediakan 3 pertandingan domestik Piala Presiden eSports 2022. Pada parade pembukaan Main Event Esports Presidents Cup 2022, Sandiaga Ono mengatakan, “Saya berharap turnamen ini dapat membantu game-game buatan negara ini menemukan pasar yang penting.”

Sementara itu, Ranga Danu Prasetyo selaku lead organizer dari Esports Presidential Cup 2022 menunjukkan antusiasme yang besar kepada para penonton dan pemain yang mengikuti pertandingan tersebut. Memiliki tiga pertandingan regional sendiri merupakan salah satu bentuk upaya turnamen ini untuk membantu membangun ekosistem esports di Indonesia. Ia juga berharap pertandingan domestik selanjutnya bisa bersaing di turnamen internasional.

Baca Juga  Kisah Seorang Anak Yang Mendampingi Ayahnya Berobat Jantung, Berkat JKN Bebannya Diringankan

“Dengan adanya Piala Presiden 2022, kami melihat antusiasme yang tinggi baik dari penonton maupun pemain. Antusiasme ini tercermin dari peningkatan waktu tonton esports Piala Presiden 2022, yaitu 52% lebih tinggi dari tahun lalu. Selain itu, ada tiga pertandingan lokal. . Hal ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk membangun ekosistem esports Indonesia, yang dapat meningkatkan minat dan publisitas game lokal untuk bersaing dengan game lain. Kami berharap ke depan, pertandingan domestik akan bersaing di turnamen internasional. ” dikatakan.

Ricky Setiawan, Ketua Bidang Atlet, Kinerja, dan IT PB Esports Indonesia (PBESI) bersama Rangga mengatakan, Piala Presiden Esports yang akan digelar pada 2019-2022 merupakan salah satu turnamen esports nasional dan mewakili kepentingan pemerintah. Aku melakukannya. Kami memimpin dalam mengembangkan ekosistem e-sports di Indonesia dan Indonesia.

“Salah satu yang memperkuat optimisme kami adalah komitmen kuat dari Presiden Piaa Esports untuk memasukkan game-game regional. Ini sangat sesuai dengan janji PBESI seperti yang diungkapkan PBESI di RAKORNAS Esports 2022. Mengembangkan game-game esports regional. , apa sampai 5 game dalam 2 tahun,” kata Ricky Setiawan.

Ricky juga mengatakan bahwa Esports Presidents Cup 2022 merupakan salah satu pesta esports terbesar yang akan diadakan di seluruh ekosistem esports Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen PBESI untuk tidak hanya meningkatkan kinerja esports, tetapi juga berdampak luas pada perkembangan ekosistem esports secara keseluruhan.

Alexander Andrew Halim, CEO Battle of Guardians, menjelaskan bahwa Battle of Guardians hadir untuk mempopulerkan game ini sebagai genre fighting. Ia melanjutkan, “Guardians Daejeon akan memberikan berbagai update kedepannya. Banyak turnamen yang akan diadakan dalam skala besar dan kecil.” Kemudian ia berharap Battle of Guardians kembali menjadi bagian dari Esports President’s Cup tahun depan.

Baca Juga  Xiaomi Band 7 Diluncurkan Di Indonesia Dengan Smart Air Purifier 4 Compact

“Saat ini ekosistem esports Indonesia masih berkembang pesat dengan MOBA dan game battle royale. Oleh karena itu, kami bergerak untuk menerbitkan game sebagai genre fighting yang telah menjadi populer di Indonesia. Saya memiliki rencana besar dan roadmap selama beberapa tahun. Ini termasuk pembaruan game dan turnamen besar dan kecil. Kemudian saya berharap bisa berkompetisi lagi di Esports President’s Cup tahun depan,” ujar Alexander.

Sementara itu, tim Battle of Satria Dewa yang diwakili oleh Bhariya Dinata, menunjukkan kebanggaannya untuk melaju ke Piala Presiden Esports 2022, dan membanggakannya dibandingkan dengan game lain yang mengikuti kompetisi ini.

“Kami rasa kami di Battle of Satria Dewa telah banyak membantu kami dengan berpartisipasi di Esports Presidents Cup. Sedikit mundur, sebenarnya Battle of Satria Dewa dimulai pada pertengahan 2021. Namun di akhir tahun tahun kami membangun kepercayaan Haria berkata, “Saya senang bisa berpartisipasi di Esports President’s Cup 2021” dan bangga bisa berpartisipasi dalam “Esports President’s Cup 2022 dengan game lainnya”.

Rokapala yang hadir dalam jumpa pers ini juga berharap Piala Presiden Esports 2022 dapat menjadi wadah bagi para pegiat Rokapala yang ingin mengikuti kompetisi profesional. “Ini tahun kedua Lokapala mengikuti Esports President’s Cup. Selama ini banyak hal yang telah mereka lakukan, antara lain mempersiapkan pasar Asia Tenggara dan menambahkan banyak fitur baru pada Lokapala. Piala untuk Esports akan segera hadir. e-commerce pada tahun 2022. Platform tidak hanya akan memberikan kontribusi yang signifikan, tetapi juga akan menjadi forum bagi para pemain untuk bersaing.”

Banyak pertandingan seru yang siap ditampilkan di hari pertama babak main event yang meliputi tiga perempat pertandingan. Yang pertama adalah pertandingan babak ke-4 PUBG Mobile yang akan menjadi partai pembuka. Kemudian akan ada dua Final Battle of Guardians dan dua Semifinal Mobile Legends.

Baca Juga  Suaminya Kini Menjadi Kapolsek Di Goa, Dan Ott Permatasari Masih Syarat Menjadi Penyanyi.

16 tim PUBG mobile yang lolos kualifikasi akan bertanding di babak main event. Tim yang berpartisipasi dalam babak main event adalah AURA Esports, HFX Esports, RRQ Ryu, BNW 88 Esports, Force Evolution, GPX, Geek Fam, Evos Reborn, ARF Esports, 21 Esports, NTP Esports, Hardworking Shaggy Boys, dan NFT Esports. , Boom Esports, Alter Ego, dan Genesis Dogma.

Selanjutnya, babak final Battle of Guardians akan melihat Noizze berhadapan dengan Pduk, dengan salah satu Pduk menjadi juara dan merebut Piala Presiden Esports 2022.

Partai pertama di hari pertama memainkan dua pertandingan di babak semifinal Mobile Legends. Bigetron Alpha bertemu Sena dan pertandingan ION Beta vs. RRQ Hoshi akan mengakhiri hari pertama babak acara utama.