Para Pengamat Menyerukan Siasat PKB Untuk Bertemu Dengan Golkar Guna Mencetuskan Pencalonan Cawapres Kak Amin.

Pengamat politik Agung Baskoro menilai siasat PKB menemui Golkar adalah upaya agar Gerindra segera mengumumkan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

Pada Jumat, 10 Februari 2023 (10 Februari 2023), Ketua PKK Chak Amin dan Ketua Golkar Airlangga Hartarto dikabarkan bertemu di Estora Senayan District, Jakarta Pusat.

Pertemuan yang diawali dengan jalan sehat diakhiri dengan sarapan bersama, dan Irlanga Hartarto menyerahkan cinderamata berupa gaun kuning dan hijau.

Agung Baskoro mengutip ucapan Agung Baskoro pada Minggu (2 Desember 2023): .

Menurut Managing Director Trias Politika Strategis, calon wakil presiden yang akhirnya menjadi akar permasalahan internal Aliansi Kebangkitan Indonesia Raya.

“Mengingat Girindra terlihat skeptis dengan elektabilitas Chuck Amin dan tantangan yang dihadapi PKK dan PBNU,” ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, kunjungan PKB ke Golkar bisa diartikan sebagai isyarat bahwa PKB ingin membuka kemungkinan aliansi lain, mengingat Golkar adalah pemrakarsa dan penggerak Persatuan Seluruh Indonesia (KIB).

Ia menambahkan, janji Golkar dan PKB untuk memenangkan kursi kepresidenan melalui pencalonan atau pencalonan secara umum sedang diuji dan diharapkan.

Hal ini dikarenakan jika kalian tidak fokus, efek coat yang kalian kejar akan hilang ketika instruksi pergantian sekutu diberikan.

Mengingat koalisi primer mulai mempersempit calon presiden.

Bahkan ketika PKK berkoalisi dengan Golkar, poros politik kecil yang terbentuk. Karena PKB dan Golkar sudah cukup baik untuk memenuhi standar kepresidenan.

“Pertanyaan mendasar yang muncul adalah apakah rencana Airlangga-Chak Amin bisa memenangkan pilpres? Yang dibutuhkan Airlangga dan Chak Amin adalah Jangar Pranovo, Anis dan Pravo,” ujar Agung.

Di sisi lain, kata dia, terbentuknya KIB atau KIR sebagai aliansi resmi dalam pemilihan presiden akan mempengaruhi konstelasi, persaingan, dan dinamika politik negara pasca 2024.

Baca Juga  Bak Hewan Liar Meninggalkan Kita, Marc Marquez Siap Beraksi Di MotoGP 2023.

Karena opsi integrasi KIB dan KIR terbuka, anggota masing-masing koalisi adalah mitra dalam pemerintahan Presiden Jokowi dan memiliki alasan yang sama untuk menolak proporsionalitas tertutup.

Ia mengatakan, “Pada tahap ini, ada peluang untuk memperkuat secara singkat tiga poros politik besar jelang pemilu selain KPI (Koalisi untuk Perubahan) dan PDIP.”

Pertemuan Golkar-PKB dan peluang kemitraan terbuka lebar.

Seperti diketahui, Presiden DPP Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Presiden PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) Muhammin Iskandar di sebuah restoran di Estora Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (2/10/2020).

Airlangga mengatakan Golkar dan PKK sepakat untuk membenahi iklim politik di Indonesia. Ia juga mengumumkan akan mendukung agenda pemilu yang sudah berjalan di partainya.

“Memasuki tahun politik, PKK dan Golkar sudah sepakat untuk diamkan politik. Jadwalnya sudah ada dan tentu akan kami urus,” kata Airlangga Hartarto dalam jumpa pers usai rapat.

Dia kemudian membicarakan kemungkinan mencari aliansi antara Golkar dan PKB.

Arilanga mengatakan peluang itu terbuka lebar.

“Terkait kerjasama antara Partai Golkar dan PKB, kami sampaikan peluangnya sangat besar dan luas,” kata Airlangga.

Dia menambahkan, pertemuan itu diketahui partai politik Aliansi Indonesia Bersatu.

Ia mengatakan, KIB menyambut positif pertemuan Golkar-PKB hari ini.

“Golkardang melakukan pembicaraan dengan presiden yang berafiliasi dengan KIB, dan semua menyambut baik pertemuan hari ini,” ujarnya.

“Ini menunjukkan bahwa kita semua terlibat secara terbuka dalam politik, apalagi dengan angin sepoi-sepoi yang membuatnya sejuk sekaligus merinding,” lanjutnya.

Di saat yang sama, Kwak Amin mengatakan pertemuan dengan Airlangga Hartarto sangat spesial.

Dia mengatakan dalam pertemuan itu, isu-isu terkini dan capaian partai-partai koalisi pemerintah dibahas selama periode ini.

Baca Juga  Mengumumkan Vivo OriginOS 30, Sistem Operasi Untuk Ponsel Cerdas "Anda"

Dia berkata, “Pembicaraan itu ringan tapi sangat dalam, terutama karena kami ingin pemerintah bersama dalam koalisi ini benar-benar produktif di akhir periode ini, terutama untuk menghasilkan pekerjaan pemerintahan dan politik yang benar-benar bermanfaat.”

Dia menambahkan, rapat PKB-Golkar hari ini juga diinformasikan kepada Presiden Prabowo, Gerindra Prabowo.

Dia mengatakan, Prabowo juga menyambut baik pertemuan itu.

Chak Amin mengatakan PKK dan Golkar telah berkomitmen untuk bekerja sama, mendahulukan kepentingan negara di atas golongan dan golongan.

“Ini luar biasa. Ini adalah janji hari ini. Insya Allah. Kami juga berharap baik Serikat KIB maupun Serikat Indonesia Raya dapat melanjutkan kerja sama pihak-pihak tersebut dalam semangat yang sama dan sama-sama berkomitmen pada negara. , ” katanya.