Mengumumkan Vivo OriginOS 30, Sistem Operasi Untuk Ponsel Cerdas “Anda”

Menyusul perilisan FuntouchOS 13 di Android 13 Oktober lalu, kini saatnya Vivo mengumumkan keberadaan OriginOS 3.0, antarmuka pengguna (UI) modern yang ditenagai Android 13.

Sistem operasi ini dirancang untuk ponsel vivo, smartphone “proprietary” yang hanya didistribusikan di China, termasuk smartphone iQoo sub-merek Vivo.

Saat ini, Vivo menjual ponsel dengan dua antarmuka pengguna: Origin OS untuk ponsel yang dijual di China dan FuntouchOS untuk ponsel yang dijual di seluruh dunia.

OriginOS 3.0 menghadirkan peningkatan yang berfokus pada penampilan dan kinerja yang tidak terlihat.

Vivo akan merilis OriginOS 3.0 berbasis Android 13 beta ke beberapa ponsel Vivo dan iQoo di China mulai 25 November. Jika UI OriginOS 3.0 diperbarui di masa mendatang, sistem operasi ponsel pengguna secara otomatis ditingkatkan (ditingkatkan) ke Android 13.

Pembaruan UI OriginOS 3.0

Rupanya, OriginOS 3.0 memiliki mode folder ikon widget yang memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan widget dan aplikasi ke dalam satu folder.

antarmuka realmicentral.com OriginOS 3.0. Sejak itu, tampilan jendela beberapa aplikasi juga menjadi lebih fleksibel. Seperti dilansir Real Mi Central, hingga 30 aplikasi dan game mendukung mode berjendela yang diperkecil.

Jendela kecil ini mirip dengan jendela mengambang dan gambar dalam gambar (PIP). Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan beberapa tindakan di ponsel mereka.

Tapi dilansir dari fokusbanyumas.id dari segi performa, Vivo menawarkan Memory Fusion, salah satu teknologi yang mampu menambah jumlah RAM di smartphone Anda.

Adanya teknologi ini mengklaim membuat antarmuka OriginOS 3 “anti-penuaan” selama 48 bulan (4 tahun). Artinya, antarmuka pengguna diperkirakan tidak akan melambat selama jangka waktu tersebut.

Vivo juga menyertakan Visual Smoothness 2.0 di UI OriginOS 3.0. Kehadiran fitur ini diketahui meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggesek layar pada kecepatan refresh standar 60Hz.

Baca Juga  3 Cara Mengunduh Video Twitter (Pembaruan 2022)

Fitur menarik lainnya yang ditawarkan OriginOS 3.0 adalah kemampuan untuk merekam tanggal terakhir di ponsel Anda sebelum aplikasi dibersihkan karena memori penuh atau alasan lainnya.

Fitur ini memungkinkan Anda membuka kembali jendela aplikasi lebih cepat nantinya. Jendela aplikasi juga akan menampilkan lokasi atau item lain yang diakses pengguna sebelum pembersihan paksa, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Minggu (13 November 2022).

Untuk pasar global, Vivo merilis Funtouch OS 13 versi stabil untuk Vivo X80 Pro pada 24 Oktober. Vivo juga mengatakan bahwa pembaruan UI ini akan diluncurkan secara bertahap ke lebih banyak pengguna di berbagai negara pada pertengahan November, Desember, dan awal tahun depan.

Berbasis Android 13, FuntouchOS 13 memberikan pembaruan yang berbeda dari OriginOS 3.0. Baca artikel lengkap Vivo Funtouch OS 13. Inilah fitur baru.