Dapatkah Saya Menggunakan TV Tube Untuk Menonton Siaran TV Digital? Berikut Penjelasannya

Siaran TV analog dihentikan sementara sejak 2 November di beberapa wilayah termasuk Jabodetabek. Orang-orang di daerah yang terkena dampak sekarang hanya dapat menonton siaran televisi digital.

Untuk menonton siaran TV digital, Anda dapat langsung menerima sinyal digital menggunakan TV yang sudah mendukung fungsi DVB-T2 bawaan. Televisi dengan fitur ini disebut juga televisi digital.

Selain menggunakan televisi digital, masyarakat juga dapat menonton siaran digital dengan menggunakan televisi analog non digital atau reguler. Syaratnya, TV analog harus dipasangkan dengan set-top box (STB) tambahan.

STB atau Digital TV Box menerima dan mengubah konten dari sinyal digital sehingga dapat disiarkan di TV analog biasa. Digital TV Box dapat dipasangkan dengan berbagai jenis TV analog. Jadi, apakah TV Tube bisa menerima siaran TV digital?

Perlu diketahui bahwa TV Tube adalah salah satu jenis TV analog. Perangkat ini disebut TV tabung karena terdiri dari penampil gambar (layar) dan bagian pemancar cahaya berbentuk tabung.

Menurut bkpsdmd-meranginkab.id Dalam hal penerimaan sinyal, TV tabung menengah tidak memiliki fungsi DVB-T2 bawaan. TV Tabung hanya dapat menyiarkan siaran konten audio dan video, biasanya dari sinyal analog atau dari gelombang radio FM dan AM.

Karena fungsi DVB-T2 tidak terpasang, TV Tabung tidak dapat langsung menerima sinyal siaran TV digital. Namun, Tube TV yang merupakan bagian dari genre TV analog tetap dapat menonton siaran TV digital jika dipasangkan dengan dekoder.

Jadi, jika Anda memiliki TV tabung yang biasa digunakan di rumah, orang masih dapat menggunakannya untuk menonton siaran TV digital dan tidak perlu khawatir untuk membeli TV digital baru.

Bagaimana cara mengubah TV Tube saya ke digital jika saya masih dapat menggunakannya? Seperti disebutkan di atas, TV tabung dapat diubah menjadi TV digital dengan memasangkannya dengan perangkat STB. Lihat deskripsi di bawah untuk lebih jelasnya.

Baca Juga  Cara Memposting Ke Kreator YouTube Dengan Super Chat Dan Super Stickers

Cara mengubah YouTube TV menjadi TV digital

Untuk mengubah TV tubular menjadi TV digital, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang set-top box tambahan. Perangkat ini mudah tersedia di pasar seperti Shopee atau Tokopedia.

Sebelum membeli, pastikan TV Box digital Anda mendukung DVB-T2, yang sesuai dengan standar Indonesia untuk konten siaran dengan sinyal digital. Daftar perangkat standar STB dapat dilihat di website https://siarandigital.kominfo.go.id.

Setelah mendapatkan STB, masyarakat kini bisa memasangkannya dengan TV tabung. Secara umum, ada dua proses untuk mengubah TV tabung menjadi TV digital. Pertama sambungkan antena, STB dan tabung TV.

Kedua, mulai mencari sinyal siaran TV digital dari TV tabung dan antena yang dilengkapi STB. Penjelasan lebih lengkap tentang install STB bisa dibaca di artikel “Cara Setting STB” ini.

Oleh karena itu, kami akan membahas saluran TV Tube yang dapat Anda gunakan untuk menonton siaran TV digital menggunakan STB Anda. Perhatikan bahwa STB dapat dihubungkan ke TV tabung serta jenis TV analog lainnya.

Semua jenis TV tanpa fungsi DVB-T2, seperti TV LED atau Smart TV, juga dapat disebut sebagai TV analog. TV analog jenis ini bisa menggunakan STB jika ingin digunakan untuk menonton siaran TV digital.