Latar Belakang

Salah satu dampak dari era globalisasi ialah terjadinya aliran tenaga kerja di bidang kelautan dan perikanan asing ke Indonesia atau sebaliknya dari Indonesia ke luar negeri. Hal ini menuntut penyediaan SDM maritim Indonesia berkualitas yang mampu berkompetisi di pasar internasional. Kualitas SDM demikian harus di antisipasi melalui penyelenggaraan diklat berbasis kompetensi kerja kelautan yang dikelola secara profesional.

Sadar akan beratnya tantangan dan persaingan yang dihadapi, Sekolah Tingi Perikanan melalui Unit Sertifikasi Keterampilan Pelaut bertekad untuk berdiri di barisan terdepan dalam menyiapkan tenaga kerja profesional di bidang kemaritiman dengan memberikan jasa konsultasi maupun pelatihan kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan keselamatan jiwa dan harta benda serta pencegahan pencemaran lingkungan laut.

USKP-STP dengan sarana dan prasarana diklat yang lengkap dan para instruktur yang sesuai ketentuan konvensi internasional (SCTW 1995) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta telah mendapat pengesahan dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut dengan Surat Keputusan No.DL.21/13/7-03, tanggal 01 Juli 2003.

Visi

Terwujudnya USKP-STP sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan terdepan di dalam menghasilkan tenaga profesional, berkinerja tinggi, inovatif, berjiwa wirausaha dan berwawasan lingkungan.

Misi

Menyelenggarakan diklat bersertifikat mengacu pada SCTW ’78 Amandemen 1995
Senantiasa melakukan inovasi diklat sesuai dengan sains dan teknologi maritim yang terus berkembang
Meningkatkan keterampilan SDM kelautan dan perikanan hingga mampu berkompetisi di pasar global
Melakukan kerjasama dengan lembaga diklat maritim, baik dari dalam negeri maupun luar negeri dengan konsep saling menguntungkan
Menjaga keberadaan USKP-STP untuk tetap tumbuh dan berkembang dalam era globalisasi

Tujuan dan Sasaran Diklat

Tujuan diklat menghasilkan pelaut Indonesia yang memiliki kompetensi kerja berupa pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap kerja yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan penting dalam jabatan pekerjaan di kapal sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan ketentuan STCW, STCW-F dan FAO-CCRF.

Sasaran diklat mendorong dan menumbuhkan keyakinan yang kuat untuk untuk mendasari pola pikir dan perilakunya dalam melaksanakan tugas jabatannya sehari-hari, yang dilandasi oleh kepribadian yang mantap dan mandiri, kesetiaan dan ketaatan, kemampuan berprestasi dalam bekerja serta memiliki tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan

Sarana dan Prasarana

Gedung latihan yang menyerupai kapal
Ruang kelas ber-AC kapasitas 30 peserta
Ruang dan sarana kantor
Asrama peserta
Kolam renang 18×25 m (kedalaman 1 s.d 6 m)
Kapal latih 2 unit (300 GT & 100 GT)
Fire ground
Instalasi fire hydrant
Instalasi smoke chamber
Instalasi life raft dan life boat
Fire fighting equipment
First aid equipment and model, dll

Program Diklat

Basic safety training (BST)
Survival craft and rescue boat (SCRB)
Diving (Amateur/Profesional)
Radar Simulator
Radar ARPA
ROC-GMDSS
Engine simulator
Operator mesin pendingin
Deckhand kapal perikanan
Juru minyak kapal perikanan