STP memiliki Bagian Admistrasi Pelatihan Perikanan Lapangan (BAPPL), sebuah unit pelatihan lapangan STP dengan luas 20 Ha yang terletak di Serang, Banten. Stasiun lapang ini berlokasi sekitar 80 Km ke arah Barat Jakarta, tepatnya di daerah pantai Teluk  Banten  yang  berdekatan dengan situs peninggalan sejarah di Provinsi Banten. Didirikan tahun 1986, BAPPL dibangun untuk memenuhi kebutuhan penyediaan BAPPL yang sesuai dan mendukung pencapaian pengetahuan praktis dan keterampilan teknis.

BAPPL ini juga dilengkapi fasilitas penelitian dan pelaksaan pengajaran khususnya bagi Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK) dan Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS).

BAPPL ini bukan hanya melaksanankan program-program kegiatan yang terstruktur, tetapi juga melaksanakan pelatihan perikanan jangka pendek dengan peserta seperti: nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah ikan.

Fasilitas pelatihan yang dimiliki meliputi “indoor hatchery”, tambak udang Busmetik (Budidaya Udang Skala Mini Empang Plastik) tambak bandeng, dan tambak gurame. Selain itu, juga tersedia “cold storage” skala kecil, workshop mekanik, kapal in-board, perumahan dosen, aula, gedung kantor, asrama mahasiswa, ruang rekreasi, ruang pertemuan, fasilitas (olahraga dan selam), hutan mangrove, keramba jaring apung (budidaya kerapu, bawal, lobster, dll), areal budidaya kerang hijau dan rumput laut, kolam lele C-Fisrt 250, dan lain-lain.