Sejarah STP

Sekolah Tinggi Perikanan atau dikenal dengan STP merupakan perguruan vokasi bidang perikanan tertua di Indonesia. Kelahiran STP diawali dengan berdirinya Akademi Usaha Perikanan (AUP) pada 7 September 1962, yang berkedudukan di Jakarta. Saat itu, dibuka prograam Diploma III dengan 3 (tiga) jurusan yakni Teknik Penangkapan, Teknologi Perikanan dan Ekonomi Perikanan. Perjalanan waktu membawa AUP berubah nama menjadi Diklat AUP pada 6 Mei 1983, sebelum akhirnya dikukuhkan menjadi Sekolah Tinggi Perikanan pada 6 Maret 1993. Sejak itu, STP menyelenggarakan program Diploma IV dengan 3 (tiga) jurusan, yaitu Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH) dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS), dengan 5 (lima) program studi yaitu Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Permesinan Perikanan (MP), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), Teknologi Akuakultur (TAK), dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS).

Pada Juni 2004, jurusan Penyuluhan Perikanan yang sebelumnya bernaung dibawah Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) bergabung dengan STP sehingga menambah jumlah jurusan menjadi 4 (empat). Selanjutnya, pada Juli 2009, dalam rangka meningkatkan peran pengembangan sumberdaya manusia (SDM) bidang yang unggul dan memiliki kompetensi tinggi, STP membuka program pascasarjana dengan program studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP).

Hingga saat ini, STP telah menghasilkan kurang lebih 10.000 lulusan yang tersebar di seluruh penjuru negeri dari Sabang sampai Merauke. Sebagai lembaga pendidikan vokasi bidang perikanan yang sudah dikenal luas, kiprah alumni STP telah turut mewarnai dinamika pembangunan kelautan perikanan nasional. Mengusung motto “Jalanidhitah Sarva Jivitam” yang bermakna “Laut adalah Sumber Kehidupan”, bahtera STP terus melaju mengarungi lautan sejarah peradaban dengan satu tekad: Memanfaatkan sumberdaya air/laut sebagai karunia Tuhan untuk Kedaulatan, Keberlanjutan dan Kemakmuran bangsa Indonesia.

Visi dan Misi

Visi

Lembaga Pendidikan Vokasi yang Berdaya Saing Tinggi

Misi

Mencetak SDM Kelautan Perikanan yang TERKENAL (Berkarakter, Kompeten dan Profesional)

 

Akreditasi

Pada 1 Agustus 2015, STP memperoleh sertifikat akreditasi institusi perguruan tinggi “Terakreditasi dengan Peringkat B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Adapun akreditasi masing-masing program studi adalah:

1 Teknologi Penangkapan Ikan B
2 Permesinan Perikanan A
3 Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan A
4 Teknologi Akuakultur A
5 Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan B
6 Penyuluhan Perikanan B
7 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Pascasarjana) B