Jakarta – Team Internet Of Things (IOT) Taruna Sekolah Tinggi Perikanan (STP) akan mengikuti Event Sea Food Show of Asia Expo pada 22-24 November 2018 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Tim IOT Taruna STP akan mempresentasikan inovasi yang berhasil dilakukan Taruna STP. Bertempat di Ruang Dolphin, Digital Center (DC) STP Jakarta, Tim IOT Taruna STP mendapat arahan Bapak Adi Subagio selaku instruktur kegiatan Internet Of Things (IOT).

Event tersebut melibatkan delapan orang Taruna STP. Taruna Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH) yang berinovasi pada Food Quality Monitoring System, Taruna Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK) yang berinovasi pada alat yang mampu memonitoring water quality system, Taruna Program Studi Permesinan Perikanan (MP) yang berhasil membuat sensor yang mampu mendeteksi kebocoran gas pada mesin kapal, dan Taruna Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI) yang berhasil berinovasi pada Anjungan Kapal Controlling System.

Saat ini persiapan tim telah sampai pada proses fritzing sesuai desain inovasi yang telah dirancang. Fritzing adalah kegiatan inisiatif perangkat keras sumber terbuka yang menjadikan elektronik dapat diakses sebagai materi kreatif bagi siapa pun. Melalui semangat pengolahan dan arduino fritzing menawarkan alat perangkat lunak, situs web komunitas dan layanan. Inovasi yang dilakukan tersebut dapat bermanfaat pada dunia kelautan dan perikanan. Tim IOT Taruna STP melakukan kegiatan dengan cepat, sederhana, dan kreatif melalui brainstorming, desain, dan integrasi dalam pengaturan yang terbatas. Tahapan proses yang dilakukan Tim IOT STP meliputi :

  1. Mempelajari skema rangkaian.
  2. Merakit skema sesuai desain sehingga dapat bekerja.
  3. Menginstalasi aplikasi Android untuk memonitor perangkat rangkaian.
  4. Mengevaluasi hasil rancangan.


Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *