Teknologi Penangkapan Ikan (TPI)

Program ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi teknis dan ahli dalam bidang penangkapan ikan. Selama menempuh masa pendidikan, peserta didik (Taruna) akan dibekali dengan sikap, ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan memantau kegiatan operasi penangkapan ikan. Termasuk yang menjadi ciri lulusan program studi ini adalah kompetensi tinggi pada bidang kemualiman, sistem navigasi, disain dan perawatan alat tangkap, serta penguasaan teknologi penangkapan ikan termutakhir.

Permesinan Perikanan (MP)

Pemegang gelar Sarjana Terapan Perikanan – MP memiliki keunggulan kompetensi yang mumpuni baik kemampuan teknis maupun kemampuan analisis pada aplikasi pengetahuan serta keterampilan permesinan perikanan. Program studi MP fokus pada pengembangan keahlian dalam manajemen ruangan mesin, mesin utama dan mesin bantu, perawatan dan operasi mesin, mesin penangkapan, generator pembangkit, unit pendingin, listrik serta pengembangan sistem micro-control.

Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH)

Program studi TPH didisain untuk menghasilkan lulusan Sarjana Terapan Perikanan yang mampu menguasai, mengembangkaan dan menerapkan teknologi pasca panen yang meliputi penanganan, pengawetan dan pengolahan hasil perikanan. Disamping itu, lulusan program studi TPH dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan SDM terampil pada pengoperasian unit pengolahan ikan serta pengawasan mutu produk perikanan.

Teknologi Akuakultur (TAK)

Seiring dengan perkembangan teknologi budidaya perikanan, program TAK dirancang untuk menghasilkan SDM akuakultur yang memiliki kompetensi tinggi pada penguasaan ilmu dan teknologi budidaya perikanan. Sebagai program vokasi, penguasaan aspek teknis maupun aspek manajerial dalam usaha budidaya mutlak diperlukan untuk kesuksesan dan keberlanjutan usaha budidaya perikanan. Lulusan program studi TAK dengan kualifikasi Sarjana Terapan Perikanan adalah ujung tombak SDM yang diharapkan mampu memanfaatkan potensi budidaya perikanan yang masih belum dapat digarap secara maksimal, baik potensi budidaya perikanan darat (inland aquaculture) maupun potensi budidaya perikanan laut (marine aquaculture).

Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS)

Bagi yang berminat menjadi pengelola sumberdaya perikanan, maka program studi TPS adalah pilihan yang tepat. Fokus program studi ini adalah menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengkaji potensi, merencanakan konsep pemanfaatan, merumuskan status pemanfaatan serta mengevaluasi pengelolaan sumberdaya perairan, baik dalam tataran operasional maupun institusional.

Penyuluhan Perikanan (PP)

Program Studi ini khusus dirancang untuk menghasilkan lulusan penyuluh ahli yang profesional dan kompeten di bidang perikanan serta memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan penyuluhan perikanan secara efektif yang berbasis pada teknologi komunikasi guna meningkatkan daya saing produk perikanan. Selama masa pendidikan, Taruna dididik agar kompeten dalam memberdayakan masyarakat dan mengembangkan bisnis perikanan di suatu kawasan secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.