Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta merupakan satu satunya perguruan tinggi dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menyelenggarakan pendidikan vokasional strata D4 dan S2. Saat ini, STP bekerjasama dengan lembaga internasional seperti United Nation Industrial Development Organization (UNIDO) melalui SMART-Fish Project, Institute of Productivity (UK) dan Asian Productivity Organisation (APO) sedang mengembangkan program “Sustainability, Innovation and Productivity (SIP)” melalui kemitraan dengan industri perikanan. Oleh karena itu, sebagai bagian dari komitmen tersebut, STP membentuk Centre of Excellence yang bernama iPRIDE4 FISH (Institute of Productivity, Research, Innovation and Development for Fisheries) yang kedepan diharapkan dapat memainkan peran signifikan dalam mendorong berkembangnya industri perikanan di Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, iPRIDE4fish telah berkerjasaman dengan beberapa instansi dalam negeri dan luar negeri dengan tujuan untuk menggalang kerjasama akademik, riset dan bentuk kemitraan lainnya. Beberapa kerjasama telah terjalin dengan lembaga seperti UNIDO (SMART-Fish Project), IoP-Institute of Productivity (UK), Kedutaan Belanda, Asian Productivity Organisation (APO), NPO Indonesia/Kemenaker, Nebula Consultancy dan Nanocenter Indonesia.

iPRIDE4FISH telah sukses menjalankan program Internship peningkatan produktivitas industri perikanan melalui pendekatan CI (continuous improvement). Hasil dari program pilot project ini dipamerkan pada Seafood Show of Asia 2018 di JIEXPO dan juga akan dipamerkan pada ajang World Seafood Congress di Penang, Malaysia tahun 2019.

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *