Jakarta – Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta memenuhi undangan dari Norwegian University of Science and Technology (NTNU) untuk berkunjung ke kampus NTNU di Norwegia sekaligus membahas kolaborasi akademik dalam skema proyek “Sustainable Seafood and Nutrition Security (SSNS)” pada tanggal 5-10 November 2018. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 3 (tiga) orang Dosen STP yakni, Dr. Suharyanto, Niken Dharmayanti, M.Si dan Ilham, PhD yang masing-masing mewakili Program Pascasarjana, Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan dan International Office – Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta.

Selain STP Jakarta, juga diundang beberapa lembaga perguruan tinggi lainnya baik dari Indonesia (IPB dan UGM) maupun dari negara lain seperti Thailand, Vietnam, Yunani dan Britania Raya dengan jumlah total 13 perguruan tinggi/ lembaga riset.

Selama kunjungan akademik berlangsung, STP Jakarta berkesempatan untuk melihat dan mempelajari sistem pendidikan maupun pembelajaran di NTNU yang juga merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik berbasis pengembangan dan aplikasit eknologi di Eropa. Secara khusus, STP belajar banyak hal terkait pengelolaan program pascasarjana, kolaborasi dengan bisnis dan industry perikanan serta pengembangan riset dan teknologi. Salah satu contoh nyata keunggulan Norwegia dalam kolaborasi yang melibatkan akademisi dan industry adalah pesatnya perkembangan industri budidaya salmon, dimana Norwegia merupakan negara eksportir terbesar salmon di dunia.

Koordinator Program SSNS di STP yang juga merangkap sebagai Kepala Kantor Internasional STP, Ilham, PhD., menjelaskan bahwa kedepan, kerjasama antara STP dan NTNU termasuk dengan perguruan tinggi dan lembaga lainnya yang terlibat dalam Program SSNS akan mencakup pengembangan kapasitas tenaga pengajar pada program pascasarjana, pengembangan Virtual Llearning Environment (VLE), pengembangan modul pelatihan vokasional serta kerjasama relevan lainnya.

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *