Pasal 2 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2014 menyatakan, bahwa kerja sama perguruan tinggi bertujuan meningkatkan efektivitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Oleh karena itu, STP senantiasa berperan aktif dalam mengembangkan kerjasama nasional maupun internasional guna mendorong kelancaran pelaksanaan program pendidikan. Secara spesifik, kerjasama di STP dilakukan untuk:

  1. Meningkatkan kapasitas, kinerja dan mutu STP pada umumnya, dan Jurusan/Prodi/Unit/Lembaga/Dosen yang berada di lingkungan STP pada khususnya.
  2. Menjalin hubungan dengan pihak luar, baik di dalam negeri maupun luar negeri, berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan saling menguntungkan.

Saat ini, STP menjalin sejumlah kerja sama, baik dalam maupun luar negeri dengan berbagai pihak, antara lain: Kementerian/Lembaga; Pemerintah Provinsi; Pemerintah Kabupaten/Kota; Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta LSM/NGO.

Kerjasama juga dilakukan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang bergerak di bidang: perikanan tangkap; perikanan budidaya; pengolahan dan pemasaran hasil perikanan; pelatihan bidang kelautan dan perikanan; perekrutan tenaga kerja ke luar negeri; pembuatan peralatan di bidang kelautan dan perikanan; dan lain-lain.

Kerjasama dengan Mitra Nasional
Selengkapnya
Kerjasama dengan Mitra Internasional
Selengkapnya