PANGANDARAN (24/04/2018) – Dengan menggunakan K.M. Madidihang 03, kapal latih dan riset Sekolah Tinggi Perikanan (STP), salah satu satuan pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Presiden Joko Widodo meresmikan Keramba Jaring Apung (KJA) offshore (lepas pantai/laut terbuka), Selasa (24/4/2018), di Pangandaran, Jawa Barat. KJA offshore tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

KJA berbentuk bulat, berdiameter 25,5 m, dengan keliling lingkaran 80 m yang berfungsi untuk memelihara ikan laut yang letaknya di lepas pantai/laut terbuka, memiliki kedalaman jaring sampai 15 meter dan dapat ditebar sekitar 1,2 juta per tahun untuk 8 lubang, dengan produksi mencapai 816 ton per tahun per unit.

KJA ini berada di tengah laut yang berjarak 8 mil dari Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Desa Babakan, Kabupaten Pangandaran. Untuk menuju kesana, Presiden beserta rombongan menaiki K.M. Madidihang 03.

Turut hadir bersama Presiden sejumlah pejabat tinggi negara antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Dari KKP hadir sebagian besar Pejabat Eselon I beserta jajarannya, dan dari Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) hadir Kepala BRSDM M. Zulficar Mochtar, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan (Kapusdik KP) Bambang Suprakto, Ketua STP Mochammad Heri Edy, dan jajarannya.

Heri Edy menyampaikan rasa bangganya karena STP telah berperan dengan sangat baik pada kegiatan ini. Dimulai dari rapat koordinasi bersama pihak terkait; menyiapkan transportasi laut ke lokasi KJA untuk Presiden dan rombongan pejabat tinggi negara berupa K.M. Madidihang 03; menyiapkan transportasi perahu dari dermaga ke K.M. Madidihang 03, baik pada saat survey dan pengecekan maupun pada saat hari pelaksanaan; mendampingi Kepala BRSDM dan Kapusdik KP; meninjau lokasi pembangunan PIAMARI dan Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Pangandaran; menyiapkan taruna STP; membantu penyiapan pameran, dan sebagainya.

Taruna yang disiapkan terdiri dari dua tim, yakni taruna Poltek KP Pangandaran disiapkan di luar lokasi acara untuk menyambut kedatangan Presiden, sementara taruna STP disiapkan di dalam lokasi acara untuk membuat pagar betis dan menjadi peserta pertemuan Presiden saat acara berlangsung.

Rencananya, KJA offshore seperti yang diresmikan Presiden di Pangandaran ini akan dibangun juga di tempat lain, antara lain di Sabang dan Karimunjawa.

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *